Ancaman Virus 2010 Versi Kaspersky




Untuk Semua Pengguna PC, Laptop, HP, dan PDA akan ada banyak ancaman keamanan yang mengintai di tahun 2010. Kaspersky juga membuat beberapa prediksi mengenai ancaman keamanan yang kemungkinan besar akan menjadi tren di tahun 2010. Apa saja?

1. Peningkatan serangan yang berasal dari file yang ada di jaringan. Tahun depan kita akan banyak melihat beberapa variasi serangan. Serangan berbahaya yang menyerang melalui sebuah website atau aplikasi yang dimulai dari file yang dishare di dalam jaringan.

2. Adanya peningkatan serangan malware melalui jaringan P2P. Di tahun 2009, kita melihat adanya epidemik serangan malware yang “didukung” oleh file berbahaya yang menyebar melalui jaringan. Metode serangan ini telah digunakan oleh beberapa virus, seperti TDSS dan Virut. Di tahun 2010, ahli keamanan Kaspersky memprediksi akan terjadi peningkatan secara signifikan serangan seperti ini pada jaringan P2P.

3. Kompetisi traffic oleh para penjahat cyber. Penjahat cyber masa kini mulai membuat usaha untuk melegalisasi dirinya. Selain itu mereka mulai mencari uang dengan cara menciptakan traffic yang besar menggunakan botnet. Di masa depan, Kaspersky melihat adanya skema ”abu-abu” di pasar botnet yang disebut “partner program”. Program tersebut mengijinkan pemilik botnet untuk mengambil keuntungan dari aktivitas berbahaya seperti mengirim spam, melalukan serangan DOS atau mendistribusikan malware.

4. Program antivirus palsu. Tidak jauh berbeda dari Symantec, Kaspersky juga menganggap antivirus palsu akan makin mengganas di tahun 2010. Namun, Kaspersky cukup yakin, dengan adanya monitoring pasar oleh perusahaan keamanan TI dan agen hukum pemerintah, distribusi antivirus tersebut akan semakin sulit.

5. Serangan pada Google Wave. Serangan pada Google Wave diyakini akan terus menjadi headline di 2010.  Serangan di servis Google akan dimulai dengan pola: pengiriman spam, kemudian serangan phising, pemanfaatkan celah-celah pada website dan penyebaran malware.

6. Meningkatnya serangan pada iPhone dan ponsel dengan Android sebagai platformnya. 2010 diprediksi sebagai tahun yang sulit bagi pengguna iPhone dan juga Android. Serangan pada paltform tersebut muncul di tahun 2009, menandakan ketertarikan para penjahat cyber.

Jadi, Mulai sekarang kita mesti berhati-hati dengan serangan dan ancaman yang bisa dengan tiba-tiba bermunculan.

2 comment:

avela mengatakan...

Wah..virus lagi...kabur...

mufied mengatakan...

hmmm...

nice info sob !!!

Posting Komentar

Others Info

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia Zaiful
BertuahPos.Com